Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Mudah dan Aman

Gusi bengkak bisa menjadi masalah yang sangat tidak nyaman dan menyakitkan. Ketika gusi bengkak, seseorang mungkin merasa sulit untuk makan atau bahkan berbicara.

gusi bengkak

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi gigi atau gusi, peradangan mulut, gerakan gigi yang tidak tepat saat menyikat gigi, dan sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mengetahui cara mengatasi gusi bengkak dengan mudah dan aman.

Berikut adalah beberapa tips dan cara mengatasi gusi bengkak yang dapat Anda ikuti untuk mengurangi ketidaknyamanan dan peradangan pada gusi Anda.

1. Rutin menggosok gigi dan flossing

Cara terbaik untuk mencegah gusi bengkak adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan gusi secara teratur. Jangan lupa untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan bersihkan antara gigi dengan benang dental atau floss untuk menghilangkan plak dan sisa makanan yang menempel.

Ketika sisa makanan tertinggal di gigi dan gusi, itu bisa menyebabkan bakteri berkembang biak dan meningkatkan risiko gusi bengkak. Menjaga kebersihan mulut akan membantu mencegah terjadinya peradangan pada gusi dan mencegah masalah kesehatan gigi dan gusi lainnya.

2. Kompres dingin atau panas

Mengompres gusi dengan dingin atau panas dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan. Untuk kompres dingin, Anda bisa memasukkan handuk ke dalam wadah dengan air dingin atau memasukkan es batu ke dalam kantong plastik dan mengompresnya pada sisi pipi di sekitar gusi yang bengkak selama 15 menit.

Sementara untuk kompres panas, Anda bisa memasak air dan memasang pada kain bersih atau handuk, kemudian letakan pada pipi yang bengkak pada sisi sebelah kiri dan kanan gusi selama 15 menit. Metode ini meningkatkan aliran darah ke daerah yang terinfeksi dan membantu dalam penyembuhan.

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat menjadi cara alami untuk mengurangi peradangan pada gusi yang bengkak. Ambil segelas air hangat dan tambahkan satu sendok teh garam, aduk hingga tercampur rata, kemudian berkumur selama 30 detik setiap kali setelah menyikat gigi.

Air garam membantu melawan bakteri dan mengurangi pembengkakan pada gusi. Hal ini juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi yang lebih serius di masa depan.

4. Gunakan Mouthwash medis

Mouthwash medis khusus juga bisa menjadi cara yang aman dan efektif untuk mengatasi gusi bengkak. Pilih produk yang mengandung bahan aktif seperti klorheksidin, yang membunuh bakteri dan mencegah terjadinya infeksi.

Anda bisa membilas mulut dengan mouthwash medis ini selama 30 detik setelah menyikat gigi. Namun, pastikan tidak menggunakannya terlalu sering karena mengandung zat kimia yang dapat berdampak buruk pada kesehatan gusi jika digunakan terlalu sering.

5. Minum air putih yang cukup

Mengkonsumsi air putih yang cukup sangat penting ketika Anda mengalami gusi bengkak. Air membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta menghilangkan bakteri yang menyerang tubuh.

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap hari, minimal 8-10 gelas per hari untuk mengurangi peradangan pada gusi dan mencegah infeksi.

FAQs

Apakah gusi bengkak bisa disembuhkan sendiri?

Gusi bengkak bisa sembuh sendiri dengan mengikut langkah-langkah pencegahan yang tepat seperti yang telah dijelaskan diatas dengan dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi.

Apakah tanaman herbal dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak?

Beberapa tanaman herbal seperti chamomile, sage dan peppermint telah terbukti efektif dalam mengurangi peradangan pada gusi. Anda dapat mengonsumsi teh dari tanaman herbal tersebut atau berkumur dengan air rebusan ramuan tersebut.

Kapan waktu yang tepat untuk berkonsultasi kepada dokter gigi?

Jika gusi bengkak tidak membaik dalam beberapa hari setelah melakukan langkah pencegahan tersebut, lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Ada kemungkinan infeksi telah terjadi dan memerlukan pengobatan yang lebih serius.

Apakah perawatan gigi yang buruk dapat menyebabkan gusi bengkak?

Ya, kurangnya perawatan gigi seperti sikat gigi dan flossing yang tidak teratur, serta makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan terjadinya plaque pada gigi. Ini dapat menyebabkan gusi meradang dan terjadinya gusi bengkak. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kebersihan gigi secara teratur dan memperhatikan asupan gizi untuk menghindari penyakit gigi dan gusi.

Kesimpulan

Mengatasi gusi bengkak memang tidak mudah, namun beberapa langkah di atas dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan peradangan pada gusi dan segera dikonsultasikan pada dokter gigi jika kondisi tidak membaik setelah melakukan berbagai cara pengobatan diatas. Selain itu, terapkanlah pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan gigi serta menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Beast Blog by Crimson Themes.