Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Jangan panik jika suatu saat HP Anda kemasukan air karena masih ada cara untuk memperbaikinya. Air yang masuk ke dalam HP dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen yang ada di dalamnya, seperti layar, baterai, dan komponen-komponen lainnya. Namun, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa tips dan cara mengatasi HP kemasukan air.

Mengeringkan HP dengan Benar

Langkah pertama untuk mengatasi HP yang kemasukan air adalah dengan segera mengeringkannya sebelum air mengalir ke komponen-komponen di dalamnya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengeringkan HP yang kemasukan air dengan benar:

1. Matikan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan HP terlebih dahulu. Jangan mencoba untuk menghidupkan kembali HP yang kemasukan air tanpa mengeringkannya terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya.

2. Buka Casing dan Baterai

Setelah mematikan HP, lepaskan casing dan baterai dari HP Anda. Ini bertujuan agar air yang masuk ke dalam HP dapat dihapus dengan lebih mudah.

3. Keringkan dengan Tisu

Gunakan tisu atau kain bersih untuk mengeringkan bagian-bagian yang kemasukan air, seperti layar dan bagian dalam HP Anda. Pastikan Anda tidak menekan terlalu keras pada layar HP karena hal ini dapat merusak LCD.

4. Gunakan Bantuan Keringan Rambut

Jika tisu atau kain tidak cukup untuk menghapus air di dalam HP Anda, Anda dapat menggunakan bantuan keringan rambut dengan suhu yang rendah. Pastikan Anda tidak mengarahkan aliran udara keringan rambut secara langsung pada komponen-komponen yang sensitiv karena hal ini dapat merusaknya.

Masukkan HP ke dalam Ragi Beras

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi HP yang kemasukan air adalah dengan memasukkan HP ke dalam ragi beras. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Ambil beras secukupnya

Ambil beras secukupnya dan masukkan ke dalam wadah yang bersih dan kering.

2. Masukkan HP ke dalam Wadah Beras

Setelah itu, masukkan HP yang kemasukan air ke dalam wadah yang berisi beras tersebut. Pastikan HP benar-benar tenggelam dalam beras.

3. Diamkan HP di dalam Beras

Diamkan HP di dalam beras selama minimal 24 jam. Ragi beras akan menyerap air yang ada di dalam HP.

4. Angkat HP dari Wadah Beras

Setelah 24 jam, angkat HP Anda dari wadah beras dan bersihkan sisa-sisa beras yang menempel di dalam HP.

Buka HP dan Keringkan dengan Alkohol

Cara lain yang cukup efektif untuk mengatasi HP kemasukan air adalah dengan membuka HP dan mengeringkan komponen-komponen di dalamnya dengan alkohol. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Buka Cover HP

Buka tutup belakang HP dan lepaskan baterainya. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara membuka cover HP, sebaiknya Anda membawa HP Anda ke tempat servis yang terpercaya.

2. Bersihkan Bagian dalam HP dengan Alkohol

Bersihkan bagian dalam HP dengan alkohol menggunakan kapas atau kain bersih yang di rendam dalam alkohol. Pastikan alkohol yang Anda gunakan adalah alkohol yang tidak mudah terbakar.

3. Keringkan dengan Kertas Tisu

Setelah membersihkan komponen-komponen di dalam HP dengan alkohol, keringkan dengan kertas tisu atau kain bersih. Pastikan tidak ada sisa-sisa alkohol yang tertinggal di dalam HP.

4. Pasang Kembali Baterai dan Cover HP

Setelah membersihkan dan mengeringkan bagian dalam HP dengan alkohol, pasang kembali baterai dan cover HP.

Tanya Jawab

Apakah HP yang Kemasukan Air Bisa Diperbaiki?

Iya, HP yang kemasukan air bisa diperbaiki. Namun, besarnya kerusakan pada HP tergantung dari seberapa lama HP tersebut terkena air dan seberapa banyak air yang masuk ke dalamnya.

Apakah Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Dapat Memperbaiki Semua Kerusakan di dalam HP?

Tidak. Cara mengatasi HP kemasukan air hanya efektif untuk mengatasi kerusakan pada bagian-bagian tertentu di dalam HP. Bagi kerusakan yang parah, seperti kerusakan pada motherboard, biasanya memerlukan servis dari teknisi yang ahli.

Bagaimana Cara Mencegah HP Terkena Air?

Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mencegah HP terkena air antara lain adalah dengan memasang pelindung layar, menjauhkan HP dari air ketika sedang berenang atau berada di dekat air, serta tidak menggunakan HP ketika tangan dalam keadaan basah.

Bolehkah Membersihkan Bagian dalam HP dengan Air?

Tidak disarankan untuk membersihkan bagian dalam HP dengan air karena air dapat merusak komponen di dalam HP. Sebaiknya gunakan lap kering atau bantuan alkohol ketika membersihkan bagian dalam HP.

Apa yang Harus Dilakukan Jika HP Masih Tidak Berfungsi Setelah Dikeringkan?

Jika HP masih tidak berfungsi setelah dikeringkan, coba bawa HP Anda ke tempat servis terpercaya untuk diperbaiki. Ada kemungkinan beberapa komponen di dalam HP mengalami kerusakan dan memerlukan penggantian atau perbaikan.

Tidak perlu khawatir jika HP Anda kemasukan air karena masih ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Selalu berhati-hati dan mencegah HP Anda terkena air adalah cara terbaik untuk menghindari kerusakan pada HP Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Beast Blog by Crimson Themes.