Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan: Tips dan Trik

Mabuk perjalanan atau motion sickness adalah suatu kondisi ketidaknyamanan yang datang ketika seseorang berada dalam kendaraan yang sedang bergerak, seperti mobil, pesawat, atau kapal laut. Bahkan kendaraan yang sebentar saja digunakan dapat menyebabkan gangguan ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan yang dapat membantu Anda mengatasi kondisi ini.

Cara Mengatasi Mabuk

1. Makan Sebelum Berangkat

Salah satu penyebab mabuk perjalanan adalah perut yang kosong. Jika perut kosong, cairan dalam lambung bisa bergerak bebas dan menyebabkan mual. Makanan yang berat tidak direkomendasikan. Sebaiknya, pilih makanan ringan, seperti roti atau buah segar. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak atau pedas.

2. Minum Banyak Air Putih

Air sangat penting dalam menjaga kesehatan dan mengatasi mabuk perjalanan. Minum banyak air dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan mual dan muntah. Selain itu, air juga membantu menjaga kelembapan di dalam tubuh, termasuk di dalam telinga.

3. Fokus Pada Pemandangan Di Luar Jendela

Salah satu cara mengurangi mabuk perjalanan adalah dengan fokus pada hal-hal yang ada di luar kendaraan. Fokus pada pemandangan di luar jendela dapat membantu otak Anda menyesuaikan diri dengan gerakan kendaraan. Hal ini akan membantu menjaga keseimbangan tubuh Anda dan mengurangi mual dan muntah.

4. Istirahat Secukupnya

Istirahat secukupnya adalah cara yang efektif dalam mengatasi mabuk perjalanan. Karena terlalu lelah atau terlalu capek juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Tidur sebentar atau berbaring di kursi bus akan membantu tubuh Anda untuk merelaksasi diri. Namun, pastikan bahwa Anda tidak tidur terlalu lama sehingga Anda tidak merasa lebih buruk setelah bangun.

5. Gunakan Bantal Leher dan Kacamata Anti-Mabuk Perjalanan

Bantal leher dan kacamata anti-mabuk perjalanan adalah alat yang dapat membantu dalam mengurangi mabuk perjalanan. Bantalan leher mendukung bagian kepala dan leher agar tidak bergerak terlalu banyak, sedangkan kacamata anti-mabuk perjalanan membantu mengurangi ketidakstabilan visual yang bisa memicu mual dan muntah.

Pertanyaan Umum tentang Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Apa yang Memicu Mabuk Perjalanan?

Motion sickness terjadi ketika dasar saraf Anda mengirimkan sinyal kepada bagian tubuh Anda yang mempengaruhi keseimbangan dan ruang. Konflik antara informasi visual, kemiripan gerakan dan akselerasi tubuh dapat membuat sinyal bingung dan memicu mual dan muntah.

Apakah Kondisi Kehamilan Dapat Memperparah Mabuk Perjalanan?

Iya, motion sickness sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Kondisi ini biasanya lebih parah pada tidur siang atau malam hari dan secara umum muncul lebih awal pada hari yang lebih panas atau selama perjalanan liburan yang jauh.

Apakah Makanan Berampas Tinggi dapat Membantu dalam Mengatasi Mabuk Perjalanan?

Makanan yang berampas tinggi dapat membantu mencegah mual dan muntah ketika Anda sedang menderita mabuk perjalanan. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sejenisnya bisa membantu membersihkan sistem pencernaan. Lebih dari itu, makanan seperti apel, lemon, atau jeruk juga dapat membantu meredakan mual dan muntah.

Bagaimana Jika Anda Sudah Mengalami Motion Sickness?

Jika Anda sudah terkena motion sickness, ada beberapa hal yang dapat membantu meredakan gejalanya. Pertama-tama, cobalah untuk melihat ke arah yang tetap, buang jauh-jauh semua pesan teks atau panggilan telepon selama perjalanan. Buka jendela atau menyalakan AC juga bisa membantu bertukar udara. Terakhir, makanlah yang sedikit dan teratur.

Adakah Obat yang Dapat Digunakan untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan?

Ada beberapa obat yang dapat membantu mengurangi mabuk perjalanan. Ada obat yang dijual bebas seperti dimenhidrinat atau obat anti alergi yang dapat digunakan sebelum perjalanan. Tetapi, dalam beberapa kasus yang lebih parah, perlu menghubungi dokter untuk meminta resep obat-obatan yang lebih kuat.

Agar mabuk perjalanan tidak mengganggu liburan Anda, cobalah untuk menggunakan beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan di atas. Jika gejala-gejala tetap muncul atau bahkan semakin parah, segera hubungi dokter. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Beast Blog by Crimson Themes.