Tips dan Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup dengan Benar

Cara Menggunakan Mikrometer

Mikrometer sekrup adalah alat pengukur yang akurasinya sangat tinggi dan umum digunakan dalam industri manufaktur, mesin, dan teknik. Meskipun terlihat sederhana, namun menggunakan mikrometer sekrup membutuhkan teknik dan kesabaran. Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas secara detail dan lengkap mengenai cara menggunakan mikrometer sekrup dengan benar.

Apa itu Mikrometer Sekrup?

Mikrometer sekrup adalah alat pengukur yang digunakan untuk mengukur benda atau suatu benda kerja dengan ukuran yang sangat kecil, seringkali dengan presisi hingga beberapa desimal. Alat ini memiliki kemampuan untuk mengukur ukuran dalam berbagai unit seperti milimeter, mikrometer, dan inci. Mikrometer sekrup terdiri dari skala utama, thimble, dan skala nonius.

Keuntungan Menggunakan Mikrometer Sekrup

Menggunakan mikrometer sekrup memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan alat pengukur lainnya. Mikrometer sekrup sanggup untuk menghasilkan pengukuran yang sangat akurat dengan tingkat kepercayaan yang tinggi karena satuan ukurannya sangat kecil. Selain itu, mikrometer sekrup juga memiliki desain yang mudah untuk dibawa kemana saja. Mikrometer sekrup juga sangat fleksibel dalam mengukur dimensi suatu benda kerja, seperti diameter dalam lubang atau ketebalan material atau plat.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Untuk menggunakan mikrometer sekrup dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama, atur mikrometer sesuai dengan ketentuan pengaturan ukuran yang diinginkan, jika skala sudah disesuaikan dengan ukuran objek yang diinginkan maka jangan diganti lagi untuk menghindari kesalahan pengukuran.

2. Masukkan objek pada ruang yang tersedia pada mikrometer sekrup dengan benar agar hasil pengukuran yang diperoleh akurat.

3. Setelah objek ditempatkan pada mikrometer, periksa kembali pengaturan dan periksa apakah ruang kosong mikrometer telah memberikan sinyal yang tepat ketika mengukur.

Perhatian dalam Menggunakan Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup adalah instrumen teknik khas yang memerlukan tips khusus selama penggunaannya agar dapat menghasilkan pengukuran yang akurat. Untuk menghindari kesalahan pengukuran yang dapat mempengaruhi kinerja benda kerja, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Jangan menggunakan jari langsung untuk menekan atau menjalankan mikrometer sekrup, alih-alih menggunakan tangan atau jari penjepit lembut yang sesuai dengan fungsi mikrometer itu sendiri.

2. Ketika melakukan pengukuran yang tepat pada mikrometer sekrup, pastikan dengan benar bahwa objek yang diukur tidak bergerak dari tempat sempurna sehingga harus menentukan ulang pengukuran jika benda kerja telah bergeser.

3. Pastikan mikrometer sekrup terjaga higienitasnya, sehingga bagian kulit tangan yang melekat pada mikrometer tidak merusak bagian-bagian sensitif dalam instrumen. Lakukan pembersihan untuk mikrometer sekrup sesuai dengan waktu yang direkomendasikan dan jangan menggunakan alkohol atau obat pembersih kuat untuk melakukannya.

FAQ (Frequently Asked Questions) :

1. Apa yang harus dilakukan jika mikrometer sekrup tidak terkalibrasi dan cara mengkalibrasi sendiri?

Mikrometer sekrup yang tidak terkalibrasi dapat menyebabkan hasil pengukuran menjadi tidak akurat. Jika kondisinya demikian, Anda dapat membawa alat tersebut ke layanan kalibrasi profesional atau mengkalibrasi mikrometer secara manual. Kalibrasi mikrometer dapat dilakukan dengan peregangan sekrup mikrometer yang dapat menempatkan sekrup mikrometer pada posisi di mana 0 seimbang dengan bagian atas dari lingkaran skala. Jika Anda masih bingung tentang cara mengkalibrasi mikrometer sendiri, lebih baik membawa ke layanan kalibrasi profesional.

2. Apa penyebab mikrometer sekrup tidak merespon ketika mengukur benda kerja?

Mikrometer sekrup yang tidak menunjukkan reaksi saat mengukur benda kerja dapat disebabkan karena terdapat debu atau zat yang berlebihan pada benda kerja. Oleh karena itu, sebelum melakukan pengukuran, pastikan untuk membersihkan benda kerja dengan benar untuk menghindari kesalahan pengukuran pada mikrometer.

3. Bagaimana menentukan ketelitian pengukuran dengan mikrometer sekrup?

Untuk menentukan ketepatan pengukuran menggunakan mikrometer sekrup, perhatikan ketelitian atau jumlah angka di belakang koma, yang biasanya tergantung pada tunggal atau ganda skala mikrometer. Jika skala ukurannya adalah 1mm, maka tingkat ketepatan yang dapat diukur adalah 0.01mm atau 0,001mm, tergantung pada tidak adanya double scale. Terkadang, informasi ketepatan pengukuran juga dapat ditemukan pada trade mark merek pada spesifikasi produk.

4. Bagaimana cara menempatkan benda kerja dengan benar pada ruang mikrometer sekrup?

Agar hasil pengukuran akurat, benda kerja harus ditempatkan secara benar dan sejajar pada ruang yang tepat. Untuk menempatkan benda kerja pada ruang mikrometer, pastikan bahwa: pertama, objek tidak bergeser di dalam ruang mikrometer tetap pada posisi yang sesuai dengan ruang kosong; kedua, jangan memaksa objek pada area ruang mikrometer yang lebih sempit atau lebih lebar, sehingga mengganggu pembacaan voltmeter pada skala.

5. Mengapa mikrometer sekrup yang digunakan tetap tidak akurat?

Mikrometer sekrup yang tidak akurat dapat disebabkan karena terkena getaran yang terus-menerus atau tidak disimpan dengan benar setelah digunakan. Jika mikrometer sekrup Anda terus menunjukkan ketidakkonsistenan, lebih baik dibawa ke layanan kalibrasi profesional untuk diperiksa.

Setelah memahami tips dan cara menggunakan mikrometer sekrup dengan benar berserta FAQ nya, Anda diharapkan dapat menggunakan alat ini dengan benar dan menjaga performa alat dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Proudly powered by WordPress | Theme: Beast Blog by Crimson Themes.